Selamat Hari Raya Idul Fitri 1431 H. Mohon maaf lahir dan batin

8.26.2008

Radio Streaming Berbahasa Jawa

Sekarang telah muncul radio streaming yang berbahasa Jawa. Mungkin istilah radio streaming terdengar biasa karena dalam dunia maya, radio streaming (biasanya juga disebut dengan radio internet). Singkatnya radio streaming adalah station radio yang siarannya dapat didengarkan melalui internet di komputer kita. Tetapi hal itu menjadi sesuatu yang tidak biasa karena radio tersebut berasal dari salah satu negara di Amerika Selatan, tepatnya di negara Suriname.

Dalam radio ini, semua dialog yang dipergunakan baik berita, lagu-lagu, maupun iklan menggunakan bahasa Jawa, walaupun sesekali disisipi bahasa Belanda.

Menurut sebuah sumber, bahasa Jawa yang digunakan di Suriname agak sedikit berbeda dengan bahasa Jawa yang digunakan di Indonesia, khususnya di Pulau Jawa sebab bahasa Jawa yang digunakan di Suriname hanya diwariskan secara turun-temurun, mulai dari orang Jawa yang datang ke Suriname melalui perbudakan di zaman penjajahan Belanda lebih dari 100 tahun yang lalu. Sampai sekarang, sudah tiga generasi yang pernah hidup di negara tersebut. Bahasa Jawa tersebut bukan bahasa Jawa halus atau kromo inggil seperti bahasa Jawa di Yogyakarta, tetapi bahasa Jawa yang sedikit kasar atau ngoko.

Orang Jawa datang ke Suriname dengan banyak cara, tapi ada juga yang dipaksa atau diculik dari desa-desa oleh Belanda saat itu. Tak hanya orang Jawa saja yang dibawa, namun ada juga orang Madura, Sunda, Batak, dan daerah lainnya yang semua keturunannnya menjadi orang Jawa alias Jawa Suriname.

Bukan hanya bahasa Jawa saja yang diwariskan kepada generasi selanjutnya dari komunitas bangsa Jawa Suriname ini, melainkan juga budaya dan semua hal menyangkut Jawa turut dikembangkan di Suriname, termasuk Wayang.

Nah, penasaran seperti apa logat bahasa Jawa ala Suriname? Anda bisa klik gambar di bawah ini untuk mendengarkan radio streaming berbahasa Jawa Suriname.




Tidak ada komentar: